Baru Naik Tangga Tiga Lantai Kok Udah Capek Ya? Padahal Masih 20-an

Baru Naik Tangga Tiga Lantai Kok Udah Capek Ya? Padahal Masih 20-an

Sadar atau tidak sadar. Semakin bertambahnya usia kita, semakin lemah pula daya tahan tubuh kita. Mulai dari mudah sakit, seperti masuk angin, mudah capek, mudah pusing, hingga stamina yang sudah tidak sekuat dulu saat masih duduk di bangku sekolah. Hal ini memang sering disepelekan oleh kebanyakan mereka yang telah sibuk bekerja, namun memiliki dampak yang lumayan besar bagi kehidupan masing-masing.

Bayangkan saja jika kita sedang dikejar deadline kantor, tapi tiba-tiba masuk angin datang menyerang. Pasti sangat menjengkelkan bagi kita, sehingga produktifitas akan berkurang. Lebih parah lagi jika sampai menghambat pekerjaan kita. Dan bisa jadi gara-gara kejadian itu kita bisa mendapatkan SP dari kantor. Maka dari itu dibutuhkan sekali manajemen kesehatan sedini mungkin, sebelum masalah-masalah lain mulai berdatangan.

Dalam hal ini, kebugaran fisik menjadi sangat berharga. Prioritas utama yang mempengaruhi prioritas-prioritas lain dalam hidup. Dulunya olahraga menjadi hal yang mungkin kita benci dan sepelekan. Sekarang menjelma menjadi kebutuhan pokok keseharian, demi lancarnya segala aktivitas khususnya pekerjaan bagi orang dewasa. Kita dapat memulainya untuk berolahraga dari seminggu dua sampai tiga kali. Selanjutnya dapat kita tambah lagi porsi olahraga kita sesuai kebutuhan tentunya.

Jenis dan bentuk olahraga yang hendak kita ambil tidak perlu yang memiliki bobot berat. Cukup gerakan-gerakan ringan salah satunya stretching, yang lebih mengarah ke pelemasan otot-otot kita yang kaku saat bekerja. Pemanasan menjadi lebih vital karena hal ini akan berdampak pada saat kita melakukan aktivitas kerja. Keluhan-keluhan seperti capek, pegal, otot kaku, dan lainnya akan mulai menghilang seiring rutinnya kita berolahraga. Menurut penulis sendiri, langkah efektif menghilangkan keluhan-keluhan orang tua seperti itu adalah berolahraga, bukan ke tukang pijat.

Baiknya cenderung untuk memilih jenis olahraga yang memiliki kategori kardio seperti, lari, berenang, dan olahraga-olahraga permainan. Olahraga kategori tersebut akan lebih menarik dibandingkan dengan olahraga beban yang cenderung untuk pembentukan massa otot. Bentuk-bentuk olahraga permainan sangat bervariasi seperti, sepak bola, bulu tangkis, bola basket, dan lainnya. Tingkat keseruan dan kesenangan lebih tinggi karena kebutuhan dasarnya merupakan olahraga kolektif yang membutuhkan banyak orang untuk bermain. Selebihnya hanya bergantung pada tingkat durasi waktu yang ditentukan sesuai keinginan.

Olahraga kardio lebih mengarah kepada pembakaran lemak di tubuh, sehingga sangat efektif bagi mereka yang berdiet, dan juga dapat digunakan sebagai penyeimbang dari pola makan mereka yang teratur. Selain itu, pola istirahat yang cukup dan pas juga mempengaruhi tingkat kesehatan dan kebugaran. Semakin cukup kebutuhan istirahat kita, maka semakin terhindar dari sifat malas yang menyerang di pagi hari, serta mengurangi pertumbuhan lemak jahat yang disebabkan kurangnya istirahat kita. Semakin baik pola istirahat kita, semakin baik pula kesempatan kita untuk melakukan diet yang berhasil.

Untuk olahraga jenis pembentukan dan daya tahan dapat dilakukan bergantung pada kebutuhan masing-masing. Bagi mereka yang hanya ingin menjaga tubuh mereka agar tetap sehat, baiknya diimbangi juga olahraga jenis ini yang lebih mengarah ke daya tahan. Sehingga stamina akan semakin meningkat, dan juga tubuh kita tidak mudah lelah dan capek. Sedangkan bagi mereka yang menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh yang bagus, maka olahraga jenis ini menjadi sebuah kewajiban untuk dilakukan.

Sejatinya semua olahraga sangatlah baik. Namun ada satu hal yang terkadang menjadi masalah bagi orang dewasa, yaitu malas dan tidak konsisten. Mungkin untuk mengawali niat yang sudah terkumpul bukan suatu hal yang sulit, tetapi pada kenyataannya banyak yang tidak sanggup berkomitmen untuk rutin berolahraga. Salah satu faktornya ialah tercapainya tujuan mereka hasil dari olahraga yang dilakukannya. Sehingga mengakibatkan untuk tidak lagi rutin berolahraga, dan akhirnya hasilnya yang didapatkan sebelumnya sia-sia.

Author
Mohammad Anang23 posts

Remember to eat, sleep, and blink!



Related articles
0 Comments
  1. Tidak Ada Komentar.
Leave a Comment