Cloud Computing itu Penyimpanan Awan Ya?

Cloud Computing itu Penyimpanan Awan Ya?

Hai Mahasiswa, ataupun Pekerja! Seberapa banyak dokumen penting yang Kalian miliki? Sudahkah Anda memperhatikannya dengan baik? Mau dokumen skripsimu yang tinggal Bab IV hilang percuma? Dewasa ini internet berkembang sangat cepat, begitupun teknologi pendukungnya. Media pendukung back up bukan hanya pada flashdisk atau external hardisk, setidaknya kalian harus mengenal tentang penyimpanan cloud atau bahasa kerennya adalah cloud storage.

Semakin mudahnya internet diakses, meskipun tinggal di desa, menjadikan cloud storage mudah untuk diterima oleh berbagai kalangan. Namun tidak sedikit dari Kita yang mengacuhkan perkembangan teknologi ini. Kita masih menganggap hal ini belum terlalu penting mengingat kebutuhannya cenderung tertutupi oleh adanya penyimpanan fisik, yang dirasakan lebih efisien dibandingkan dengan penyimpanan cloud.

Masing-masing dari penyimpanan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Pada penyimpanan fisik, akan sangat membantu saat tidak tersedianya koneksi internet guna melakukan back up data. Namun menjadi menyebalkan jika Kita lupa membawanya ketika sedang dibutuhkan. Sedangkan pada penyimpanan cloud, menjadi sangat praktis karena Kita tidak memiliki kewajiban untuk membawanya kemanapun. Terlepas dari hal itu, penyimpanan ini sangat bergantung pada ketersediaan koneksi internet.

Baik penyimpanan fisik maupun cloud, memiliki batasan kapasitas masing-masing. Tapi agak lebih menguntungkan pada cloud storage karena penyimpanan ini tersedia secara gratis. Kita hanya memerlukan akses dengan cara register atau mendaftar ke masing-masing penyedia cloud storage tersebut. Kapasitasnya pun dapat ditambahkan jika Kita memerlukan storage lebih besar dengan membeli additional storage tersebut. Tentunya Kita diharapkan dapat lebih bijak dalam menggunakan perkembangan teknologi saat ini. Dengan tersedianya akses internet yang tidak mengenal lokasi, cloud storage seharusnya menjadi hal wajib yang harus dimiliki setiap orang.

Kita dapat membayangkan dengan akses seperti itu, perangkat penyimpanan yang sebelumnya harus dibawa setiap saat menjadi berkurang, bahkan menghilang. Hal ini sangat membantu sekali bagi kalangan Mahasiswa maupun Pekerja di kantor. Bagi Mahasiswa akan sangat terbantu pada saat musim skripsi. Back up data sangat bermanfaat sekali guna mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk bahan skripsi. Di manapun tempatnya kita bisa menyinpannya dengan mudah, tentu saja dengan tersedianya koneksi internet. Bagi Pekerja atau Karyawan kantoran dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file-file penting seperti surat-surat, laporan-laporan, dan lain-lain.

Cloud storage sendiri memiliki berbagai macam jenisnya seperti, Google Drive milik dari Google, One Drive milik dari Microsoft, Dropbox, box, Mega, dan lainnya yang tersedia baik gratis maupun berbayar. Kebanyakan data yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi hanyalah email dan password. Kapasitas atau storage yang disediakan berbeda-beda pada masing-masing penyimpanan cloud tersebut. Bahkan tersedia juga aplikasi yang dapat diinstal di laptop atau komputer untuk mengelola file-file yang telah disimpan di dalamnya yang berupa direktori-direktori penyimpanan.

Media-media ini dapat diakses di manapun dan kapanpun. Karena telah memiliki data user yang harus diregistrasi dahulu, maka untuk mengaksesnya pada perangkat lain Kita cukup melakukan login. Sehingga penggunaan perangkat-perangkat yang berbentuk fisik akan terkurangi. Ditambah lagi adanya fitur-fitur yang mendukung di dalamnya, contohnya sharing file ke user lain yang telah memiliki akun. Hal ini memudahkan bagi Kita yang memiliki dokumen yang tersimpan di dalam cloud tustorage, untuk membagi ke teman atau rekan kerja Kita guna keperluan tertentu.

Seringnya masyarakat Kita mengabaikan hal-hal yang bermanfaat membuat pandangan orang lain, khususnya dari luar negeri, menjadi rendah karena dianggap belum mengikuti perkembangan teknologi. Mari jadikan masyarakat Kita lebih maju dengan memanfaatkan teknologi terbaru, paling tidak mengetahui akan adanya teknologi-teknologi yang berkembang saat ini.

Author
Mohammad Anang23 posts

Remember to eat, sleep, and blink!



Related articles
0 Comments
  1. Tidak Ada Komentar.
Leave a Comment