Hal-Hal Menarik di Bali (Part 1)

Hal-Hal Menarik di Bali (Part 1)

                Banyak orang mengatakan bahwa Bali itu surga dunia. Tidak terkecuali orang mancanegara yang pernah berwisata ke Pulau Dewata tersebut. Memang pantas predikat itu disematkan kepada Bali, melihat keindahan alamnya yang masih lestari dan penduduknya yang terkenal memegang erat tradisi mereka sampai sekarang. Di luar itu semua, Bali juga menyimpan fakta-fakta menarik yang pasti diketahui bagi mereka yang pernah berkunjung ke sana.

1.       Orang-orang Bali sangat taat beragama

Masyarakat di Bali terbukti sangat religius. Hal ini dibuktikan ketika saya berkesempatan berkunjung ke sana, tepatnya di tempat saya menginap di hotel sekitar Sanur. Orang Bali bangun pagi sekali. Mereka melakukan ibadah di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Saat itu kebetulan saya keluar hotel pagi-pagi untuk mencari sarapan, sehingga secara tidak langsung saya menemui bukti tersebut bahwa mereka sangat taat. Dengan berpakaian khas pemeluk agama Hindu, mereka membawa sesaji sebagai pelengkap ibadah masing-masing.

Tak heran jika di tiap depan rumah penduduk terdapat sesaji yang pasti dalam keadaan baru setiap harinya. Tidak jarang pula ditemui di tempat-tempat yang mereka anggap keramat terdapat sesaji. Bahkan di meja tempat saya berteduh waktu di pantai juga terdapat sesaji yang mereka persembahkan.

2.       Lebih banyak anjing daripada kucing

Bagi mereka yang tinggal di pulau Jawa kebanyakan tidak asing dengan adanya kucing di sekitar tempat tinggal mereka, baik liar maupun tidak. Namun di Bali adalah kebalikan dari Jawa. Di sana kita akan familiar dengan banyaknya anjing yang berkeliaran di mana-mana. Bagi mereka yang belum terbiasa dengan suasana seperti itu pasti akan merasa aneh dan takut. Hampir di sepanjang tempat kita akan sangat mudah untuk menemukan keberadaan anjing.

Karena hampir tiap rumah di sana pasti memelihara anjing, entah difungsikan sebagai peliharaan atau sebagai penjaga rumah mereka. Tidak jarang jika satu rumah terdapat dua sampai tiga anjing di dalamnya. Hal ini terbukti saat saya dalam perjalanan pulang menuju hotel. Di salah satu rumah penduduk, sebelah hotel saya menginap, terdapat tiga anjing di depan rumahnya. Tak lupa dengan ciri khas mereka sebagai hewan yang disebut anjing, yaitu menyalak atau menggongong.

3.       Pohon-pohon yang diberikan kain sarung

Tidak kalah dengan manusia, tumbuhan pun ikut berpakaian juga. Hal ini mungkin sudah banyak yang mengetahui, dimana seringnya suasana Bali yang ditayangkan di berbagai media. Umumnya pohon-pohon tersebut diberikan kain yang bermotif kotak-kotak, berwarna putih-hitam, yang dilingkarkan ke bagian batang kayu yang paling besar. Tidak lupa pula di sekitarnya banyak terdapat sesaji yang diletakkan di samping pohon tersebut.

Bukan sekedar pohon saja, bahkan patung-patung, sampai dengan batu juga ikut diberikan kain seperti halnya manusia. Hal ini akan banyak dijumpai jika kita berkunjung ke situs-situs cagar budaya di Bali.

4.       Banyak bertemu dengan orang mancanegara

Di Bali hampir setiap tempat wisata, kita akan menjumpai turis asing yang sering kita sebut “Bule”. Keadaan ini membuat saya serasa berada di luar negeri, bukan di Indonesia. Terutama saat kita menjelajahi daerah Kuta, yang hampir dipenuhi bule di sepanjang jalan. Kelakuan-kelakuan konyol  mereka pun akan sering kita jumpai. Contohnya saat mereka mengendarai sepeda motor, yang umumnya di negara asal mereka jarang digunakan sebagai transportasi utama. Mungkin itu menjadi hal yang aneh sekaligus tantangan bagi mereka karena kebanyakan di Indonesia sepeda motor adalah sarana transportasi utama kita.

                Mungkin masih banyak lagi fakta menarik lain yang dapat kita temukan di Bali, yang belum sempat tercantum di sini. Selanjutnya akan dibahas di tulisan berikutnya. Bagi kalian yang penasaran, Bali menunggumu.

Author
Mohammad Anang23 posts

Remember to eat, sleep, and blink!



Related articles
0 Comments
  1. Tidak Ada Komentar.
Leave a Comment