Jangan Sampai Usahamu Berumur Pendek. Ada Saran Nih Buat Kamu!

Jangan Sampai Usahamu Berumur Pendek. Ada Saran Nih Buat Kamu!

                Tidak asing di telinga kita dewasa ini di Negara ini bahwa banyak toko ritel yang gulung tikar. Alasannya terjadi penurunan permintaan pasar. Maraknya digital marketplace yang berkembang, khususnya di Indonesia, mengakibatkan persaingan semakin ketat. Konsumen pun dihadapkan pada banyak pilihan untuk membeli barang, yang memang sesuai kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Nyatanya, toko online atau sering disebut juga e-commerce menjadi pilihan paling banyak dibandingkan toko fisik. Akibatnya permintaan pasar terhadap produk pada toko fisik menurun.

                Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh toko online menjadikan daya tarik bagi konsumen untuk membelanjakan uangnya di sana. Mulai dari waktu dan tempat yang mampu dipangkas seketika, sampai pada ketersediaan barang yang lebih banyak dibandingkan dengan toko fisik. Hal ini didukung dengan tingginya pengguna media sosial, sehingga promosi menggunakan media digital menjadi pertimbangan yang layak digunakan. Jika toko fisik mengabaikan perkembangan teknologi saat ini, alhasil jangkauan konsumen terhadapnya akan menurun. Bukan tidak mungkin kebangkrutan akan mendera.

                Patut dipungkiri pengembangan bisnis ke kancah digital mesti dipertimbangkan. Keadaan seperti ini akan memusingkan pelaku bisnis sebagai korban yang dilanda akibat penyebaran virus digital di pasar jual beli saat ini. Sebelumnya mereka hanya akan berfokus pada pengembangan bisnis dengan memperbanyak cabang usaha masing-masing. Namun pola ini dipaksa berubah, dengan memikirkan pengembangan bisnis di dunia digital. Mereka akan dipaksa banyak mempelajari hal-hal baru seputar dunia digital. Untuk mempersingkat waktu dapat dilakukan dengan cara merekrut pegawai baru yang berfokus pada pengembangan di bidang digital. Contohnya seperti pembuatan website, pembuatan akun media sosial, pengembangan aplikasi pengelolaan data, dan lain-lain.

                DI internet, tidak susah untuk menemukan tutorial atau cara-cara mengembangkan bisnis di dunia digital. Tidak sedikit pula jasa-jasa yang menawarkan layanan untuk mengatasi problem terbesar bagi pengusaha saat ini, yaitu digitalisasi sistem. Berbagai macam variasi bantuan mereka tawarkan, termasuk biaya yang akan dikenakan nantinya. Berbagai kebutuhan milik pelaku usaha dapat diselesaikan sesuai dengan permintaan masing-masing. Hal ini mampu memangkas modal, yang sebelumnya dialokasikan untuk merekrut pegawai baru. Karena bidang ini tidak selamanya dibutuhkan, dikenal dengan temporary needs.

                Baiknya pemilihan solusi menjadi fokus utama sebelum melangkah pada pengembangan sistem digital. Layanan digital tidak selalu tersedia dari sebuah badan usaha, banyak juga yang berasal dari perorangan atau kelompok. Kualitas yang ditawarkan tidak mampu diabaikan seketika, sebelum dilakukan analisa terhadap hasil kerja dari penyedia jasa digital. Salah satunya adalah Apollo16 Team, yang menyediakan jasa pengembangan website guna memenuhi kebutuhan digital bagi pelaku bisnis. Tim mereka juga menawarkan pembuatan desain seperti brosur, poster, logo, yang berguna untuk penunjang promosi di dunia digital. Media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram menjadi favorit lahan promosi saat ini. Sehingga dibutuhkan konten menarik untuk menarik perhatian dan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

                Tentukan langkah bisnismu ke depan. Hindari waktu yang terbuang untuk mengatasi hal ini. Cek portofolio dan layanan yang ditawarkan mereka di website, facebook, dan instagram-nya. Sekian.

Author
Mohammad Anang23 posts

Remember to eat, sleep, and blink!



Related articles
0 Comments
  1. Tidak Ada Komentar.
Leave a Comment