Kita Harus Berkembang

Kita Harus Berkembang

Ada sebuah kata bijak, “Life is begin at the end your comfort zone” yang berarti, hidup dimulai saat berakhirnya zona nyamanmu. Maksud dari kata bijak tersebut adalah kehidupanmu akan dimulai saat kamu keluar dari zona nyamanmu. Karena kamu akan segera belajar dan mengerti arti dari kehidupan itu sendiri. Memang seperti itu kenyataannya. Tak bisa dipungkiri jika manusia hidup pasti membutuhkan orang lain. Manusia adalah makhluk yang bergantung. Namun jika setiap permasalahan selalu membutuhkan orang lain, seseorang tidak akan pernah belajar bagaimana cara mengatasinya sendiri.

Manusia akan belajar jika mereka berada pada situasi yang sulit. Misalnya pada saat terdesak, manusia akan lebih cepat belajar untuk menyelesaikan masalahnya tersebut. Betul atau betul sekali? Jika ia tidak segera menyelesaikannya, maka ia akan berada pada situasi yang sulit itu. Dan setiap manusia pasti akan berusaha untuk keluar dari keadaan tersebut.

Zona nyaman yang dimaksud ialah kondisi dimana seseorang merasa nyaman pada situasi tertentu. Biasanya keadaan tersebut berada pada lingkaran sosialnya, seperti keluarga. Sejak kecil keluarga menjadi tempat bergantung. Sehingga keadaan seperti itu menciptakan suasana yang nyaman. Tidak banyak yang berani memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka. Hal itu terjadi karena mereka menyadari resiko yang akan diperoleh. Mereka tidak menyadari akan perubahan yang didapat setelahnya. Meskipun itu tidak menjamin bahwa mereka akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu dibutuhkan persiapan dan bekal yang matang, serta niat yang baik untuk berubah.

Manusia dituntut untuk berkembang sesuai dengan zamannya. Jika mereka tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya, maka akan mempengaruhi kesejahteraan hidupnya. Semakin bertambahnya usia, manusia akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal itu juga berdampak pada sikap ketergantungan manusia. Contoh yang pasti kita jumpai yaitu, orang tua kita pasti bertambah tua seiring berjalannya waktu. Kondisi ini menuntut kita untuk bersikap lebih mandiri, agar kebutuhan-kebutuhan kita dapat terpenuhi. Apalagi bagi kita yang telah memiliki keluarga sendiri. Segala kebutuhan kita akan semakin meningkat. Ingat! Pengorbanan yang besar pasti akan memiliki dampak yang besar pula.

Author
Mohammad Anang23 posts

Remember to eat, sleep, and blink!



Related articles
0 Comments
  1. Tidak Ada Komentar.
Leave a Comment